Sidang Praktek Kerja Industri (Prakerin) Program Kejuruan Akuntansi Bisnis TA.017/2018

Pertumbuhan dunia industri dan niaga pada rentang waktu yang sangat pesat tidak lagi bisa dihindari. kebutuhan akan Sumber daya manusia (SDM) yang handal dibidangnya untuk menjalankan pergerakan usaha sangatlah diperlukan. Salah satu bidang atau bagian  yang sangat diperlukan  salahsatunya adalah bagian Administrasi dan akuntansi yang sering kita lihat di halaman Lowongan Kerja pada banyak media masa cetak juga internet .

Dalam hal tersebut SMK Persis 02 Kota Bandung merespon akan perkembangan dunia industri yang sangat pesat di Indonesia  dengan dibukanya program Manajemen Bisnis program keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga dengan harapan dapat memenuhi permintaan pasar akan ketersediaan tenaga-tenaga ahli di bidang administrasi keuangan pada umumnya dan khususnya bagi para siswa pada saat membangun sebuah usaha mereka paham arti dari sebuah tata kella keuangan.

Tidak hanya sampai disana saja tujuan Pendidikan yang diselenggarakan SMK Persis 02 Kota Bandung ini, tapi juga mempersiapkan para siswa menjadi pribadi-pribadi yang tidak melepaskan diri dari ajaran Agama Islam dimanapun mereka berkiprah pada saat selesai sekolah. Untuk hal tersebut salah satu upayanya adalah dengan memasukan kurikulum kepesantrenan yang di blend (digabung) dengan kurikulum kejuruan.

Guna pencapaian target para siswa dapat memasuki dunia kerja tersebut. SMK Persis 02 Kota Bandung juga mengadakan beberapa kegiatan Praktik lapangan: Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang dilaksanakan pada saat mereka memasuki kelas XI dan kegiatan Praktik Khidmah Jamiyyah dan Praktik-praktik keagamaan lainnya. Tentunya SMK Persis 02 Kota Bandung  bekerjasama dengan instansi-instansi terkait yang berkesesuaian dengan program kejuruan Akuntansi Keuangan dan Lembaga,

Kepala SMK PERSIS 02 Kota Bandung
Acara Pelepasan Siswa SMK Persis 02 Kota Bandung TP.2017-2018

Banyak hal keuntungan yang dirasakan oleh para alumni pada saat setelah mereka menyelesaikan pendidikan di SMK Persis 02 Kota Bandung. Harapan terbesar adalah mereka para Alumni dapat bersinergi dalam memberikan hal terbaik bagi masyarakat sekitar. SMK BISA (redaksi,Agustus 2018)

Peluang Kerja SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga merupakan program keahlian di SMK yang akan tetap banyak diminati. Hal tersebut tidak lepas karena prospek karier yang cukup terbuka luas untuk para lulusan. Tiap perusahaan dari tingkat mikro hingga makro tentunya membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang handal untuk mengatur keuangannya. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja bagi lulusan SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga :

  • Staff Akuntan
    Staff akuntan memiliki tugas untuk mengelola keuangan pada sebuah perusahaan.
  • Internal Auditor
    Tugas seorang internal auditor adalah mengurus dan memastikan seluruh laporan keuangan perusahaan telah sesuai dengan prosedur dan tidak ada penyimpangan dari alokasi-alokasi keuangan tersebut.
  • Perencana Keuangan
    Perencana keuangan bertugas untuk mengatur seluruh keuangan kliennya.
  • Credit Analyst
    Seorang credit analyst bertugas utnuk menganalisis kemampuan nasabah atau klien dalam membayar kredit yang mereka ajukan melalui beberapa aspek yang dimiliki oleh nasabah tersebut. 
  • Kasir
    Seorang lulusan akuntansi pastinya memiliki keahlian dalam menghitung yang cukup baik. Keahlian ini akan sangat bermanfaat jika kamu bekerja sebagai kasir.
  • Teller Bank
    Tugas seorang teller antara lain adalah melayani penarikan, transfer dan penyetoran uang dari pelanggan hingga melakukan pemeriksaan kas.
  • Customer Service Bank
    Meskipun tidak berhubungan langsung dengan uang, namun dengan ilmu akuntansi yang sudah dimilliki tentu akan lebih paham mengenai permasalahan-permasalahan yang ditanyakan oleh nasabah.
  • Budgeting Staff
    Budgeting staff bertugas untuk menyusun, mengelola, dan membuat laporan mengenai anggaran yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan
  • Staff Inkaso
    Tugas seorang staff inkaso adalah untuk menyiapkan dokumen-dokumen penagihan, serta mengontrol dan mencatat hasil-hasil penagihan perusahaan.